6 Obat Nyeri Haid Alami yang Mudah Dilakukan Di Rumah

nyeri haid

Haid atau menstruasi merupakan tamu bulanan yang seringkali datang dan cukup merepotkan. Selain itu datangnya haid atau menstruasi juga disertai dengan rasa nyeri yang sangat mengganggu aktifitas sehari-hari. Lalu apakah ada obat nyeri haid yang alami untuk meredakannya?

Saat sedang mengalami menstruasi, kebanyakan dari wanita merasakan rasa sakit, kram atau nyeri pada bagian bawah perut yang terkadang dapat menyebar hingga ke bagian punggung atau bagian paha. Pada umumnya nyeri haid dimulai saat hari pertama terjadinya menstruasi dan akan berakhir setelah berlangsung selama 48 atau 72 jam.

Para wanita harus memahami bahwa nyeri haid sebagian besar terjadi saat dinding otot rahim melakukan pergerakan sehingga menekan pembuluh darah yang berada di dekatnya. Kondisi ini akan menyebabkan pasokan oksigen ke bagian rahim terpotong sehingga dengan tidak adanya pasokan oksigen, maka tubuh akan mengeluarkan zat kimia yang dapat menyebabkan rasa sakit serta memproduksi prostaglanding yaitu hormon yang akan membuat otot-otot pada rahim berkonstraksi sehingga menyebabkan rasa sakit dan nyeri.

Namun, tidak semua rasa nyeri saat terjadinya siklus menstruasi disebabkan oleh hormon prostaglanding. Nyeri haid seperti pada artikel di ID Optimis juga dapat disebabkan oleh berbagai kondisi medis, seperti endometriosis, fibroid, radang panggul, atau adenomiosis. Selain itu, alat kontrasepsi yang sering dipakai ternyata juga dapat menyebabkan nyeri haid, terutama saat pemakaian di bulan-bulan pertama. Ketika Anda mengalami sakit atau nyeri pada bagian perut saat menstruasi, Anda dapat meredakannya menggunakan obat nyeri haid alami yang dapat Anda temukan dengan mudah di sekitar rumah Anda.

Adapun obat nyeri haid alami tersebut antara lain yaitu:

  • Air hangat

Dengan meminum air hangat akan membuat tubuh Anda terhindar dari dehidrasi serta membantu untuk mencegah rasa nyeri, begah atau kembung saat mengalami menstruasi. Meminum air hangat juga mampu meningkatkan aliran darah pada kulit serta membantu melemaskan otot yang mengalami kram. Selain itu, air hangat juga mampu meredakan nyeri pada bagian perut dengan menaruh air hangat ke dalam sebuah botol, lalu meletakkannya pada bagian perut yang mengalami rasa nyeri atau sakit.

  • Makanan begizi

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi suplemen atau makanan yang kaya akan vitamin E, vitamin B1, asam lemak omega-3, kalsium, magnesium, dan vitamin B-6 dipercaya mampu untuk membantu mengurangi rasa kram pada perut secara efektif. Selain itu selalu hindari minuman beralkohol dan rokok sebab dapat membuat kram semakin parah.

  • Pijat

Dengan melakukan pijat bagian bawah secara perlahan ternyata dapat membantu mengurangi rasa nyeri ketika terjadi siklus menstruasi. Selain itu, Anda juga dapat melakukan hal ini sambil berbaring terlentang dengan menaikkan kaki ke atas atau dengan berbaring miring sambil menekuk lutut Anda. Dengan melakukan cara-cara tersebut, dipercaya mampu untuk mengobati rasa nyeri haid secara alami.

  • Olahraga

Pada umumnya jika Anda merasakan rasa nyeri akan membuat Anda malas bergerak dan beranjak dari tempat tidur. Namun ternyata dengan banyak bergerak serta melakukan olahraga justru membuat rasa sakit dan rasa nyeri yang Anda rasakan hilang. Hal itu terjadi karena saat berolahraga tubuh mengeluarkan hormon yang bekerja untuk menghilangkan rasa sakit serta meningkatkan mood Anda. Hormon tersebut dikenal dengan nama hormon endorfin. Adapun beberapa jenis olahraga yang dipercaya oleh sebagian masyarakat mampu untuk menghilangkan rasa sakit saat mengalami menstruasi yaitu, jogging, bersepeda, jalan kaki dan yoga.

 

  • Aromaterapi

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa dengan menggosokkan minyak aromaterapi seperti mawar, sage, dan lavender pada bagian yang sakit dapat meredakan kram secara signifikan.

 

  • Teh herbal

Teh herbal dikenal mampu untuk membantu melemaskan otot-otot yang mengalami ketegangan serta mampu menghilangkan perasaan cemas

Untuk meredakan sakit dan rasa nyeri pada perut, selain menggunakan cara-cara alami seperti di atas, Anda juga dapat melakukannya dengan mengkonsumsi obat nyeri haid seperti acetaminophen, ibuprofen, aspirin, dan naproxen. Namun disarankan bagi Anda untuk selalu mengkonsumsi obat-obatan tersebut sesuai dengan dosis yang telah dianjurkan oleh dokter

About admin