Hal Penting Terkait Dengan Penyakit Sipilis

Sipilis atau raja singa bisa terjadi karena adanya infeksi bakteri treponema pallidum yang bentuknya spiral dan berwanra putih. Penyakit yang sering ditemui kasusnya pada pria ini juga bisa terjadi pada wanita yang ditularkan melalui kontak seksual. Walaupun sering didengar namanya, namun masih banyak yang belum mengetahui hal-hal penting terkait dengan penyakit sipilis.

Penyebab Sipilis

Bakteri treponema pallidum yang berkembang pada area di sekitar organ kelamin, merupakan penyebab dari penyakit sipilis. Jika bakteri tersebut terus berkembang, maka seseorang akan mengalami infeksi yang bisa semakin parah jika tidak dilakukan pengobatan.

Penyebaran Sipilis

Terdapat beberapa cara yang bisa menjadi sarana dalam penyebaran bakteri penyebab sipilis ini. Seperti dengan melakukan hubungan seksual. Ketika Anda melakukan hubungan seksual dengan seseorang yang terinfeksi sipilis, maka Anda juga bisa tertular penyakit tersebut. Bukan hanya hubungan seksual vaginal, namun juga seks anal dan oral juga berisiko tinggi tertular penyakit ini.

Penggunaan jarum suntik juga bisa menjadi cara penyebaran bakteri sipilis. Misalnya seperti kasus yang terjadi pada pengguna narkoba, yang biasanya akan menggunakan jarum suntik secara bergantian. Selain itu penggunaan jarum suntik untuk tattoo ataupun tindik juga bisa menularkan raja singa atau sipilis. Sebaiknya lebih berhati-hati jika akan melakukan tattoo atau tindik.

Selain itu, sipilis juga bisa menyebar melalui kehamilan. Bakteri penyebab sipilis akan mudah menyebar melalui darah, dan hal ini bisa terjadi pada penderita yang merupakan ibu hamil yang akan menularkan sipilis pada bayi yang dikandungnya, atau dikenal dengan sifilis kongenital. Bayi bisa saja mengalami kematian jika hal ini terjadi.

Walaupun mudah menular dan menyebar, namun beberapa hal berikut ini tidak akan menularkan bakteri penyebab sipilis, karena bakteri tersebut tidak akan bisa bertahan lama berada di luar tubuh. Beberapa hal tersebut yaitu penggunaan toilet, peralatan makan, dan juga berenang bersama dengan penderita tidak akan membuat Anda tertular penyakit sipilis.

penyakit menular seksual

Penderita Sipilis Di Indonesia

Jumlah pasti dari penderita sipilis di Indonesia memang tidak diketahui pasti, karena kebanyakan dari mereka merasa malu untuk memeriksakan kondisi yang mereka alami. Pada akhir 2016 hingga awal 2017 ini, penderita sipilis di negara Australia dan Jepang mengalami peningkatan yang cukup tinggi. Indonesia tentunya harus terus waspada dengan penyakit ini.

Pengobatan Sipilis

Biasanya pengobatan yang dilakukan pada penderita sipilis yaitu dengan pemberian antibiotik penisilin yang dikonsumsi langsung ataupun melalui suntikan. Pemberian antibiotik ini biasanya akan dilakukan selama 14 hari ataupun bisa lebih lama. Pengobatan ini harus segera dilakukan ketika Anda pertama kali menemukan gejala sipilis, agar tidak berlarut-larut dan memasuki tahap lanjut bahkan komplikasi.

Jika penderita sudah berada di tahap lanjut, maka pemberian antibiotik biasa akan diberikan untuk waktu yang cukup lama. Bisa juga antibiotik akan diberikan melalui infus. Namun pada tahap lanjut ini biasanya sipilis sudah menimbulkan komplikasi pada organ lain, sehingga pengobatan yang dilakukan juga hanya sebatas mengurangi gejala saja, tapi tidak bisa menyembuhkan kerusakan organ lainnya.

Pengobatan Sipilis Di Rumah

Pengobatan dari penyakit raja singa ini juga bisa dilakukan dari rumah. Pengobatan ini dilakukan agar sipilis tidak menjadi parah dan juga mengurangi gejala raja singa yang umumnya menimbulkan ketidaknyamanan. Perawatan tersebut bisa dilakukan dengan minum obat secara tuntas dan sesuai dosis, harus rutin mencuci tangan, dan menghindari hubungan seks terlebih dulu.

Itulah beberapa hal penting terkait dengan penyakit sipilis yang harus Anda ketahui agar Anda lebih waspada terhadap gejala yang mungkin Anda alami.

About admin