Penyakit Mastitis Adalah Penyakit yang Menyerang Ibu Menyusui

Ibu menyusui sangat mudah terserang penyakit. Salah satu penyakit yang bisa menyerang ibu menyusui adalah mastitis. Penyakit mastitis adalah penyakit yang disebabkan adanya infeksi pada saluran susu (duktus) yang terdapat pada ibu menyusui.

Penyakit ini bisa semakin parah jika tidak diobati, dan menjadi sangat parah. Bagi anda ibu menyusui harus dapat mendeteksi penyakit ini sedini mungkin. Agar bayi anda bisa mendapatkan asupan ASI (Air Susu Ibu) yang baik. Karena dengan ASI yang baik, maka dapat menjadi antibodi bagi si bayi.

Penyakit yang sering diidap oleh ibu menyusui adalah mastitis. Penyakit mastitis jarang diketahui oleh para ibu. Penyakit ini biasa menyerang diminggu pertama setelah kelahiran, dan bisa berlangsung selama 6-12 bulan pada ibu menyusui. Tetapi penyakit ini terkadang tidak hanya akan menyerang kedua payudara anda, tetapi hanya salah satu payudara saja.

Penyebab penyakit mastitis adalah penyakit yang disebabkan adanya bakteri yang menyerang saluran susu pada payudara ibu menyusui. Bahkan anda akan terasa mudah letih saat memberikan ASI. Sehingga membuat anda sulit memberi perawatan kepada bayi anda seperti pada buletinsehat.net.

Gejala Mastitis

Beberapa ibu menyusui akan merasakan gejala mastitis yang biasanya menyerang mereka. Berikut beberapa gejala mastitis yang sering ditemui pada ibu menyusui.

  • Payudara akan memerah, dengan menimbulkan rasa sakit
  • Rasa sakit pada payudara, yang bisa ditimbulkan saat menyusui atau sepanjang hari
  • Sakit kepala
  • Timbulnya nanah pada putting
  • Salah satu payudara akan lebih besar, karena adanya pembengkakan.

Penyebab

Beberapa hal bisa menyebabkan timbulnya penyakit mastitis, salah satnya adalah tersumbatnya saluran susu, sehingga menyebabkan pembengkakan pada payudara.

Beberapa faktor yang bisa membuat anda mengalami mastitis adalah:

Resiko

  1. Sudah pernah mengalami penyakit ini saat pertama menyusui
  2. Memberikan ASI secara tidak teratur
  3. Disebabkan oleh adanya jamur pada payudara
  4. Terjadi karena anda mengalami diabetes
  5. Karena mengkonsumsi obat-obatan dan mengkonsumsi alkohol

Pertanyaan yang biasa ditanyakan oleh ibu hamil, apakah penyumbatan susu ini bisa dicegah atau tidak. Tentunya segala penyakit bisa dicegah oleh siapapun. Berikut beberapa cara pencegahan yang bisa anda lakukan untuk menghindari penyumbatan ini.

Selalu memberikan ASI

Hal pertama yang bisa anda cegah untuk menghindari penyakit ini adalah dengan selalu memberikan ASI sesering mungkin dengan kebutuhan sang bayi. Jika anda merasa susu dalam payudara sudah penuh, maka sebaiknya anda perah. Hal ini dilakukan jika anda sedang jauh dengan bayi anda.

Hindari Membersihkan Dengan Sabun

Usai menyusui, maka cara terbaik untuk membersihkan puting adalah dengan menggunakan kapas yang sudah direndam air hangat. Jangan menggunakan sabun, karena itu tidak baik. Setelah itu anda bisa melakukan pengeringan dengan handuk agar tidak lembab.

Memilih Bra

Agar anda bisa terhindar dari penyakit ini, ada baiknya anda memilih bra yang bisa menyerap keringat. Jangan menggunakan bra yang ketat sehingga payudara anda tertekan. Ada baiknya ganti bra sesering mungkin untuk terhindar dari infeksi payudara.

Pengobatan

Jika anda merasa bahwa anda sedang mengalami hal ini. Maka ada baiknya anda melakukan pengobatan. Cara ini dilakukan agar anda bisa menyusui bayi anda dengan baik. Penyakit ini bisa diobati sendiri, tanpa harus ke dokter.

Namun jika anda merasa sedang membutuhkan pertolongan medis, maka anda bisa datang ke Klinik Utama Gracia untuk berkonsultasi dengan dokter terbaik dalam mengatasi masalah yang sedang anda hadapi ini. Tetapi ada beberapa cara yang bisa anda lakukan di rumah, seperti:

  • Selalu mempijit payudara ketika anda sedang menyusui, cara ini dilakukan untuk memperlancar ASI
  • Selalu pompa ASI jika terasa sudah penuh
  • Selalu berganti posisi ketika menyusui, temukanlah posisi yang nyaman untuk anda menyusui.
  • Istirahat dengan cukup untuk menghindari keletihan dan kelelahan.

Sedikit pengetahuan mengenai mastitis. Sehingga anda yang sedang mengandung bisa terhindar dari penyakit ini dan anda bisa mencegahnya sejak dini, sebelum anda melakukan persalinan. Anda juga bisa melakukan konsultasi sejak kehamilan, untuk menghindari penyakit ini.

About admin